Kecantikan

9 Tips Teratas Cara Memperbaiki Rambut Berminyak

Rambut berminyak adalah salah satu masalah paling umum yang harus Anda tangani secara teratur, terutama selama musim panas dan musim hujan. Semakin parah jika Anda tinggal di kota metropolitan dan terus menerus bersentuhan dengan polusi dan kotoran. Namun, kebiasaan tertentu mungkin memperburuk keadaan. Sebelum Anda mencari sampo kering atau mencuci rambut setiap hari, Anda mungkin ingin memeriksa apakah Anda melakukan kesalahan. Jika Anda bersalah melakukan kesalahan rambut yang umum ini, hentikan sekarang, dan Anda mungkin bisa menemukan cara untuk memperbaiki rambut berminyak.

1. Cuci rambut dengan sampo bebas silikon

Hal pertama yang pertama – Mari kita mulai dengan dasar-dasarnya. Untuk membuat rambut Anda halus dan berkilau, banyak sampo dan kondisioner yang mengandung silikon. Namun, silikon ini sulit dibilas dan hasilnya, menyebabkan penumpukan yang tidak menyenangkan di kulit kepala Anda, yang pada akhirnya membuat rambut Anda terlihat berminyak dan kotor.

2. Jangan gunakan kondisioner pada akar

Salah satu cara termudah untuk mengatasi rambut berminyak adalah dengan mengikuti langkah-langkah dari setiap produk rambut. Ambil kondisioner misalnya. Kita semua tahu apa itu, tapi berapa banyak dari kita yang tahu cara menggunakannya dengan benar? Sayangnya, tidak banyak dari kita. Menerapkan kondisioner pada kulit kepala akan membuat akar lebih berminyak dan membuat rambut Anda terlihat lepek dan berminyak. Rambut Anda adalah yang membutuhkan hidrasi, jadi sebagai aturan umum, selalu gunakan kondisioner dari bagian tengah hingga ujung rambut Anda.

3. Cobalah sampo kering

Jika Anda tergoda untuk mencuci rambut segera setelah berminyak (baca: setiap hari), kami sarankan Anda menggunakan sampo kering. Menambahkan sampo kering ke rutinitas rambut Anda akan membantu Anda menghidupkan kembali rambut berminyak dalam sekejap dengan menyerap kelebihan minyak dari kulit kepala Anda. Plus, itu juga menambah banyak volume pada rambut Anda. Apa yang tidak disukai? Cukup semprotkan langsung ke akar dari jarak sekitar delapan hingga 12 inci. Pijat lembut produk dengan jari Anda lalu sisir rambut Anda, dan Anda siap melakukannya!

4. Keringkan rambut Anda

Alat penataan rambut Anda yang panas seperti pengering dan pelurus cenderung membuat rambut Anda berminyak lebih cepat dari yang Anda bayangkan. Jadi, jika Anda ingin menghindari rambut berminyak, sebaiknya kurangi penggunaannya dan ganti dengan mengeringkan rambut Anda sesering mungkin. Peras kelebihan air dari rambut Anda menggunakan handuk microfiber dan biarkan rambut Anda mengering.

5. Gosok penumpukan

Sama seperti bagian tubuh lainnya, kulit kepala juga membutuhkan eksfoliasi. Ini membantu menghilangkan penumpukan, yang menyebabkan rambut Anda terlihat berminyak. Untuk scrub rambut DIY di rumah, campurkan dua sendok makan garam laut dengan dua sendok makan jus lemon dan minyak zaitun. Oleskan ke kulit kepala Anda dan pijat dengan jari Anda untuk mengelupas kulit kepala Anda dengan lembut dan bersihkan dengan air hangat. Ta-da! Tidak ada lagi hari rambut berminyak.

6. Sering menyentuh rambut

Memainkan rambut adalah kebiasaan umum yang dimiliki sebagian besar wanita, tetapi tahukah Anda bahwa itu adalah penyebab terbesar membuat rambut Anda berminyak? Menyentuh rambut Anda sering memindahkan minyak dari ujung jari Anda ke rambut Anda, memberatkannya dan membuatnya terlihat berminyak. Untuk menghentikan kebiasaan ini, kepang rambut Anda atau ikat ekor kuda. Dengan cara ini Anda akan cenderung menyentuh rambut Anda.

7. Mencucinya setiap hari

Kami tahu kedengarannya kontradiktif, tapi percayalah saat kami mengatakan ini – jangan mencuci rambut setiap hari. Mencuci rambut secara berlebihan akan membuat kulit kepala Anda kering dan mendorongnya untuk menghasilkan lebih banyak minyak sebagai kompensasi. Namun, tidak cukup mencucinya juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan rambut Anda. Waktu yang ideal untuk mencuci rambut adalah setiap hari ketiga atau setelah sesi olahraga yang intens dan berkeringat. Ini akan menjauhkan minyak dari rambut Anda dan memastikannya sehat dan lembut.

8. Tidak membersihkan sikat rambut

Sikat rambut Anda mengumpulkan banyak kotoran dan minyak dari kulit kepala dan rambut Anda seiring waktu. Jika tidak dibersihkan dengan baik setiap beberapa minggu, ini dapat memindahkan minyak kembali ke rambut Anda dan membuatnya terlihat berminyak. Kami merekomendasikan untuk membersihkan sikat Anda secara menyeluruh setidaknya sebulan sekali, percayalah, itu akan membuat perbedaan besar. Rendam dalam air sabun selama sekitar 30 menit dan cuci bersih dengan air hangat, sesederhana itu!

9. Mandi dengan air panas

Mandi air panas setelah hari yang panjang tampaknya sangat menenangkan dan menghilangkan semua stres. Tapi inilah yang tidak Anda ketahui – kulit kepala Anda tidak menemukan air panas yang menenangkan. Air panas menghilangkan minyak alami dari rambut dan kulit kepala Anda sehingga membuat rambut Anda terlihat kering dan kusut. Itu juga membuat kulit kepala Anda bekerja lembur untuk menghasilkan minyak berlebih, yang pada gilirannya membuat rambut Anda terlihat berminyak. Hindari mandi air panas untuk mencegah kerusakan rambut.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

silahkan matikan ads blocker anda