Kesehatan

8 Obat Herpes di Apotek yang umum Diresepkan Dokter

Infeksi virus herpes umumnya ditandai dengan gatal, ruam, kulit kering, luka terbuka yang berair, hingga luka lepuh. Meski kondisi ini dapat sembuh dengan sendirinya dalam beberapa minggu, perawatan menggunakan obat antivirus perlu dilakukan untuk meredakan keluhan hingga menurunkan risiko komplikasi.

Obat Herpes yang Bisa Anda Dapatkan di Apotek

Obat herpes yang biasanya diresepkan oleh dokter tersedia dalam berbagai macam bentuk sediaan, mulai dari salep hingga tablet. Berikut beberapa jenis obat tersebut, di antaranya: 

1. Clinovir Cream

gambar clinovir

Clinovir adalah salep herpes dengan kandungan 5% acyclovir. Salep untuk herpes ini bekerja sebagai antivirus untuk mengobati infeksi virus seperti herpes simpleks, herpes genital, maupun herpes zoster—terutama pada seseorang yang memiliki masalah pada sistem imun dan mencegahnya kembali kambuh.

2. Zooter

gambar zooter tablet obat herpes

Zooter adalah obat herpes sediaan tablet yang juga mengandung acyclovir. Acyclovir pada obat ini bekerja dengan menghambat pembentukan materi genetik virus sehingga menggangu replikasinya. 

Obat ini umumnya diresepkan dokter untuk mengatasi herpes pada area mulut, wajah, dan kelamin. Tidak jarang juga untuk cacar air dan api. 

3. Zooter Krim

gambar zooter krim

Zooter krim memiliki kandungan yang sama dengan zooter tablet. Bedanya obat yang satu ini hadir dalam bentuk krim.  

Salep buat herpes ini dapat meredakan gejala, menghambat perkembangan virus, tetapi tidak dapat menyembuhkannya.

Tergolong obat keras, penggunaan obat ini harus dalam pengawasan dokter. 

4. Pronovir

gambar pronovir antivirus

Pronovir adalah obat herpes yang bisa digunakan mengobati infeksi virus dengan cara meningkatkan respon kekebalan alami limfosit dalam tubuh. Kandungan methisoprinol di dalamnya mampu menghambat pertumbuhan virus. 

5. Zovirax

gambar zovirax cream

Obat herpes salep dengan kandungan 5% acyclovir ini dapat membantu mengobati luka dan kulit melepuh akibat herpes. Oleskan Zovirax secara tipis-tipis pada pada kulit yang terinfeksi. Penting diketahui, obat ini hanya untuk penggunaan luka luar. 

6. Acyclovir

gambar acyclovir

Acyclovir berfungsi untuk membantu mengatasi infeksi yang dipicu oleh pertumbuhan virus; seperti cacar air dan herpes zoster. Pada kondisi tertentu, efek samping yang bisa terjadi seperti pusing, mual, dan mengantuk.

7. Herclov

gambar herclove obat herpes

Obat herpes Herclov mengandung bahan aktif valacyclovir. Obat ini tidak dapat menghilangkan virus dalam tubuh, tetapi biasanya digunakan untuk mengurangi gejala yang ditimbulkan, mempercepat penyembuhan, serta mencegah infeksi kambuh kembali. 

Selain untuk mengatasi berbagai herpes, obat ini juga bisa digunakan untuk infeksi virus lainnya seperti cacar ular. 

gambar valacyclovir 1g

Anda juga bisa mengonsumsi Valacyclovir untuk mengatasi masalah kulit yang disebabkan oleh infeksi virus, tak terkecuali herpes. 

Obat ini mengandung senyawa aktif Valacyclovir HCL. Senyawa tersebut semacam antivirus yang menekan polimerase DNA yang terdapat pada DNA virus dalam wujud acyclovir trifosfat setelah diaktifkan.

Nah, itulah berbagai obat herpes yang umum diresepkan oleh dokter. 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

silahkan matikan ads blocker anda